STAI Darussalam Sumatera Selatan

PROFIL DOSEN

Tasurun Amma, M.Pd

Tasurun Amma, M. Pd.I

Tasurun Amma, M. Pd.I, adalah seorang pendidik dan akademisi yang berdedikasi dalam dunia pendidikan Islam. Beliau lahir di OKU Selatan pada 8 Agustus 1991. Saat ini, beliau tinggal di Desa Raman Jaya, Belitang 2, OKU Timur, Sumatera Selatan. Sebagai seorang Muslim yang taat, beliau telah menikah dengan Panca Novitasari, S. Pd. I, dan memiliki pengalaman luas dalam pendidikan dan organisasi.

Riwayat pendidikan beliau mencakup perjalanan akademik yang dimulai dari MI, MTs, dan MA Nurul Huda, kemudian meraih gelar S1 di STKIP Nurul Huda (2009-2013) dan S2 di STAIN Kediri (2014-2016). Saat ini, beliau aktif sebagai pendidik di SMP IC Darussalam dan dosen di STAI Darussalam Sumatera Selatan sejak 2018. Selain itu, Tasurun juga menjabat sebagai Wakil 1 Bidang Akademik STAIDA Sumatera Selatan sejak September 2023, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Program Studi PAI.

Tasurun juga aktif dalam kegiatan organisasi. Beliau pernah menjadi pengurus HMI di berbagai tingkatan serta anggota dan pengurus asosiasi dosen dan peneliti di Indonesia. Dalam bidang penelitian, Tasurun telah menghasilkan berbagai karya ilmiah yang berfokus pada pendidikan Islam, karakter siswa, dan tantangan pendidikan di era digital. Beberapa karya unggulan beliau meliputi “The Competence of Islamic Religious Education Teachers Perspective K.H. Hasyim Asy’ari” (2021) dan “Implementation of Islamic Education Values in Building Students’ Character in the Digital Era at SMP IC Darussalam” (2024).

Komitmen dan kontribusi Tasurun Amma dalam bidang pendidikan dan penelitian mencerminkan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam, di tengah tantangan globalisasi dan era digital.   KARYA ILMIAH:   

generated by bibbase.org
  2024 (7)
Percepatan Penerbitan Izin UMKM Desa Mukti Karya Melalui Program Aplikasi Teori Ekonomi Pedesaan STAIDA Sum-Sel. Amma, T.; Tobroni, I.; Lestari, P.; and Mardiana, N. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1): 29–36. 2024.
link   bibtex  
Implementation of Ki Hajar Dewantara's Leadership Trilogy at the University. Qomariyah, S.; Amma, T.; and Hidayat, H. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 2(02): 329–336. 2024.
link   bibtex  
Upper Class Society's Perception Of Madrasah As Achildren's Education Place At Mts Islamiyah Bumi Agung Lempuing. Tasurun Amma, Y. S. CONCIENCIA, 24(1): 15–26. 2024.
link   bibtex  
Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran PAI dalam Kajian Teori Belajar Kognitif. Tasurun Amma, S. K. Cendikia, 1(3): 1–18. 2024.
link   bibtex  
Implementation Of Islamic Education Values In Building Students' Character In The Digital Era At SMP IC Darussalam. Asari, E.; Amma, T.; and Maghfiroh, A. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 22(2): 197–208. 2024.
link   bibtex  
Educator Character Construction in the Context of the Merdeka Curriculum: A Study of the Thought of KH Hasyim Asy'ari and Parker J. Palmer. Amma, T.; Zainuri, A.; and Oviyanti, F. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 13(03): 483–508. 2024.
link   bibtex  
The Implementation of Learning Curriculum of Traditional Islamic Boarding School Darul Huda in the Era of Society 5.0. As’ari, E.; Zainuri, A.; Amma, T.; and others Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 9(2): 353–371. 2024.
link   bibtex  
  2023 (2)
Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam M. Naquib Al-Attas dan Ismail Raji’ Al-Faruqi: Comparison of Islamic Education of M. Naquib Al-Attas and Ismail Raji 'Al-Faruqi. Amma, T.; Syaikhoni, Y.; and Setiyanto, A. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 1(03): 150–158. 2023.
link   bibtex  
Dampak Globalisasi dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam. Firmansyah, F.; Amma, T.; and Mudawamah, A. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 21(1): 43–54. 2023.
link   bibtex  
  2022 (3)
Knowledge as A Factor That Affects The Validity and Interest in Carrying out Islamic Law. Amma, T.; and Rifa'i, M. A. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2): 843–851. 2022.
link   bibtex  
Pondok Pesantren Sebagai Solusi Pendidikan Anak Keluarga Prasejahtera Pada Masa Covid-19. Amma, T. Al-Haytham, 1(1): 46–61. 2022.
link   bibtex  
POTENSI EKONOMI DIGITAL MASYARAKAT DESA PELOSOK. Tinggi, M. A. R. S.; Islam, E. S. S. T. A.; Islam, A. M. S. T. A.; Islam, M. M. S. T. A.; and Islam, T. A. S. T. A. Istiqro, 8(2). 2022.
link   bibtex  
  2021 (3)
Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik. Amma, T.; Setiyanto, A.; and Fauzi, M. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2): 135–151. 2021.
link   bibtex  
The Competence of Islamic Religious Education Teachers Perspective K.H. Hasyim Asy'ari. Tasurun Amma, M. S. B. 2021.
link   bibtex  
Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Edification Journal, 3 (2), 135–151. Amma, T; Setiyanto, A; and Fauzi, M 2021.
link   bibtex  
  2020 (1)
Implementasi karakter disiplin peserta didik melalui kerjasama sekolah dan orang tua. Amma, T.; As’ari, E.; and Syaikhoni, Y. QUDWATUNA, 3(2): 101–123. 2020.
link   bibtex  
  2019 (1)
Unschooling Alternative: Studi Analisis Alternatif Pendidikan Menurut Pemikiran Everett Reimer. Amma, T. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1): 01–08. 2019.
link   bibtex  
  2018 (2)
Problematika proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Amma, T. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2): 70–78. 2018.
link   bibtex  
Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2), 70–78. Amma, T 2018.
link   bibtex