M. Ghufron Khafidin adalah salah satu dosen STAI Darussalam yang mengkhususkan diri dalam bidang Public Relations dan Pemasaran dengan latar belakang akademik dan pengalaman profesional yang mumpuni. Beliau lahir di Tanjung Lubuk pada 18 Februari 1997 dan saat ini berdomisili di Sumatera Selatan. Berikut adalah detail perjalanan akademik dan profesional beliau:
Kualifikasi Akademik:
- Magister Ekonomi Syariah (Manajemen Bisnis Syariah)
Institut Agama Islam Tazkia, Bogor (2019 – 2022) | IPK: 3.50. - Sarjana Ekonomi (Manajemen Pemasaran)
Institut Agama Islam Tazkia, Bogor (2014 – 2018) | IPK: 3.39. - Pendidikan menengah di Islamic Boarding School, Palembang (2011 – 2013).
Pengalaman Profesional:
- Human Resources & Development (Magang)
PT. Marga Sarana Jabar, Bogor (Juni 2017 – September 2017)
Tugas meliputi:- Mengedit video untuk proyek iklan menggunakan Power Director.
- Melakukan pembaruan pada blog perusahaan.
- Mengawasi proyek CSR dan pembangunan tol.
- Bekerja dalam tim beranggotakan 6 orang.
Keahlian Utama:
- Content Marketing: Mengembangkan strategi distribusi konten yang relevan dengan perkembangan teknologi dan hubungan publik.
- Public Relations: Membentuk opini publik yang menguntungkan kedua belah pihak, meningkatkan motivasi, dan menjaga hubungan sosial.
- Creative Thinking: Menciptakan peluang dari keadaan sekitar untuk mewujudkan usaha atau proyek.
Prestasi dan Organisasi:
- Creative Business Plan Competition, Bogor (Juni 2015)
Juara II dalam kompetisi strategi pemasaran, mengungguli 35 peserta lainnya di Institut Tazkia. - Prophetic Leadership and Management Wisdom, Bogor (April 2015)
Pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendekatan keteladanan, kepemimpinan komunikatif, dan visioner. - Himmah Management as Business Community (2015-2016)
Mengembangkan komunitas entrepreneur pemula untuk mendorong aksi bisnis berdasarkan passion. - OP3 Raudhatul Ulum, Palembang (Maret 2012 – April 2012)
Menyelenggarakan pentas seni dan seminar buku “Zero to Hero” dengan total 700 peserta.
Keterampilan Tambahan:
- Bahasa Inggris (Reading & Writing).
- Bahasa Indonesia.
- Penguasaan perangkat lunak untuk pemasaran dan desain kreatif.